SPORT COLLAB

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Pertamina melakukan sinergi untuk mendukung pengembangan Mandalika Internasional Street Circuit, dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship Mandalika International Street Circuit Naming Right untuk penyelenggaraan MotoGP 2022 di Indonesia oleh ITDC dan PT Pertamina (Persero), pada 7 Oktober 2021.

Melalui PKS ini, Pertamina memperoleh hak penyertaan nama korporasi pada Jalan Kawasan Khusus (JKK)/street circuit (sirkuit jalan raya) The Mandalika dengan jangka waktu sejak tanggal perjanjian hingga 31 Desember 2022 yaitu menjadi “Pertamina Mandalika International Street Circuit”

Sinergi Pertamina dengan ITDC, akan memberikan banyak hal, baik bagi bangsa Indonesia maupun Pertamina sebagai korporasi. Dari 6 pilar tujuan utama Pertamina saat ini, yaitu Go Green, Go Global, Go Digital, Go Sustainable, Go Collaborative, dan Go Productive and Efficient, kegiatan ini telah mencakup 4 dari 6 tujuan utama tersebut. kerjasama ini merupakan bentuk nyata Go Collaborative antar BUMN yang diharapkan mampu mendukung brand exposure Pertamina, dan secara jangka Panjang brand exposure bangsa Indonesia, secara global

Kerjasama ini juga menjadi peluang dalam amplikasi brand image terkait dengan penggunaan energi baru terbarukan dengan mengoptimalkan peran Subholding Power & NRE sebagai pemasok energi bersih dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

27 Juli 2021 menjadi momen penting bagi dunia sepak bola di Tanah Air. Setelah musim Liga I/2020-2021 dibatalkan lantaran pandemi Covid-19, ajang kompetisi kasta tertinggi sepak bola musim 2021/2022 kembali bergulir di tanggal itu.

Bukan hanya penggemar sepak bola nasional, klub yang berpartisipasi, para pemain, dan pengurus PSSI (Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia) yang menyambut kembali bergulirnya kompetisi dengan antusias, BRI (Bank Rakyat Indonesia) pun bertepuk tangan. Mengapa? Karena untuk pertama kalinya mereka menjadi sponsor utama kejuaraan bergengsi ini. Tak heran, pada musim 2021/2022, kompetisi ini pun disebut “BRI Liga 1”.

Keputusan BRI berkolaborasi dengan PT Liga Indonesia sebagai operator Liga 1 untuk mendukung ajang bergengsi ini, tidaklah datang tiba-tiba. Menurut Dirut BRI, Sunarso, musim kompetisi 2021/2022 memang menjadi kali pertama bagi BRI mensponsori kompetisi liga sepak bola tertinggi di Indonesia. Namun, sebenarnya, tiga tahun sebelumnya mereka sudah mencoba. “Dulu sudah pernah mendekati untuk menjadi sponsor, namun belum jodoh. Tahun ini (2021), akhirnya BRI resmi menjadi sponsor BRI Liga 1. Sebelumnya, kita juga sudah konsultasikan terlebih dahulu kepada Kementerian BUMN, dan didukung,” ujar Sunarso (liputan6.com, 26 Juli 2021).

Sunarso mengungkap ada lima faktor yang membuat BUMN ini menjadi sponsor utama Liga 1 musim 2021/2022. Pertama, sejak 2016, BRI mulai bertransformasi ke digital. Kedua, di samping untuk memperkuat brand image BRI di mata masyarakat luas, Ketiga, alasan economic value. Keempat, selain alasan economic value, BRI punya beberapa alasan social value yang memperkuat komitmennya dalam mendukung Liga 1. Kelima, BRI melihat sepak bola sebagai olahraga yang paling digemari dapat menjadi suntikan semangat dan motivasi yang bisa mengangkat moral dan bangsa dari kondisi yang sangat menantang saat ini (Bola.com, 12 Agustus 2021)

Klub raksasa Eropa, Paris Saint-Germain resmi menjalin mitra dengan merk sabun cuci SoKlin regional Afrika Barat pada Juni 2022. Kemitraan yang dijalin selama tiga tahun hingga 2025 ini meliputi sejumlah negara di kawasan Afrika Barat seperti Nigeria, Ghana, Senegal, Pantai Gading, dan Mali.

Saat ini, PSG dianggap sebagai salah satu klub dengan basis suporter Afrika terbesar dengan jumlah fans mencapai 21 juta orang. PSG diklaim sebagai klub Eropa yang paling sering bermain di Afrika dalam beberapa tahun terakhir, klub Paris ini juga mulai berekspansi di seluruh Afrika.

SoKlin® akan merayakan 28 tahun kehadiran di Afrika pada 2023. Brand ini adalah brand home care paling dipilih konsumen di Indonesia dan di Nigeria (Kantar Footprint, 2021). SoKlin juga merupakan detergen premium pertama di Nigeria (Nielsen Retail Audit, 2021) dan di negara-negara Afrika kawasan Sub-Sahara (Group Estimate, 2021).

Kemitraan ini akan meliputi sejumlah kampanye dan aktivitas bersama yang akan memberikan konsumen dan pendukung Klub kesempatan untuk memanjakan semangat mereka mendukung Klub dalam hidup sehari-hari, bersama dengan brand detergen yang terpercaya. Hal ini diharapkan dapat lebih menjalin ikatan dan mendorong keterlibatan konsumen baik untuk brand SoKlin maupun Paris Saint-Germain.

Bagikan artikel ini