MARCOMM COLLAB

Lewat Livin’ by Mandiri, bank pelat merah ini ingin memberikan produk serta layanan yang lengkap, yang memenuhi seluruh kebutuhan konsumen. Tak heran, positioning aplikasi kebanggaan Mandiri ini adalah “one stop solution”. Nasabah dan konsumen cukup menggunakan aplikasi ini untuk transaksi wisata, belanja, makanan, dll, tanpa harus repot pindah platform.

Untuk mewujudkan positioning tersebut, Livin’ pun banyak melakukan kolaborasi, mengandeng sederet partner. Salah satunya dengan merchant atau kedai kopi lokal. Bentuk dan sifat kolaborasi antara Livin’ dengan mereka beragam. Ada yang berupa pendekatan langsung ke komunitas, ada juga yang bersifat aliansi serta penjualan yang menyasar ekosistem tertentu.

Sebelumnya, pada kolaborasi dengan kedai kopi lokal, Mandiri telah melakukan kurasi terhadap berbagai macam merchant kopi lokal untuk masuk ke dalam ekosistem mereka. Hasil kolaborasi Livin by Mandiri dengan kedai kopi lokal lahirlah Livin’Coffiesta.

Melalui kampanye ini, Mandiri tidak hanya melihat kolaborasi ini akan mewujudkan positioning sebagai one stop solution, tapi juga meningkatkan business opportunity kedua belah pihak: Mandiri dan para mitranya. Livin’ Coffiesta diharapkan menjadi pendorong yang kuat untuk meningkatkan transaksi dan volume penjualan kedua pihak.

ASUS ROG dibuat pada tahun 2006 dengan tujuan menghasilkan PC gaming untuk para gamers. ASUS mendominasi pasar laptop gaming dengan market share sebesar 48,7% pada Desember 2021. ASUS bahkan sempat menciptakan rekor penguasaan pasar pada September 2021 hingga sebesar 59,7%. Untuk PC gaming, ASUS mengungguli para pesaingnya seperti Lenovo, MSI, Acer, serta HP. Tak bisa dipungkiri, Asus ROG menjadi kunci dominasi ini.

Desember 2021, misalnya, ASUS ROG mengumumkan kolaborasi dengan Sony Pictures pada film superhero terbaru, SpiderMan: No Way Home. Kolaborasi ini menegaskan ROG bukan hanya sekadar brand gaming, tetapi juga sangat dekat dengan pop culture. ROG berupaya mem-branding produknya tidak hanya dirancang untuk gamer, tetapi juga kawula muda yang tertarik dengan teknologi, sains, serta pop culture seperti halnya Peter Parker dalam film SpiderMan: No Way Home.

Sejalan dengan tema Spider-Man: No Way Home, ASUS juga memperkenalkan ROG Strix G35 sebagai gaming desktop PC yang mengusung desain futuristik. Asus OG juga menyasar pasar kolektor mainan yang terus berkembang di kalangan anak muda, termasuk di Indonesia. Melihat anak muda yang menggemari karakter anime dan robot, ASUS ROG, Threezero dan Victory Toys berkolaborasi dengan menghadirkan lini produk Robo Dou Evangelion.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *