CELEBRITY COLLAB

Dalam usaha memperkuat identitas merek di pasar, sejak awal Wardah berkolaborasi dengan brand ambassador dari ragam profesi dan karakter yang insipiratif. Di antaranya adalah artis Inneke Koesherawati, Dewi Sandra, Natasha Rizki, Tatjana Saphira, Raline Shah, Dhini Aminarti dan Amanda Rawles; fashion designer Dian Pelangi, Ria Miranda, dan Zaskia Sungkar; penyanyi Tulus; dan model Mesty Ariotedjo.

Dari beragam brand ambassador yang dirangkul Wardah, Dewi Sandra bisa dikatakan menjadi yang terlama dan menciptakan impact besar bagi Wardah. Di tahun 2013, setahun setelah hijrah menjadi seorang muslim, Wardah merangkul Dewi Sandra sebagai brand ambassador terbaru Wardah Cosmetics.

“Saya ingin totalitas luar dan dalam secara spiritual dan secara diri saya ingin semua yang saya gunakan Insya Allah ada di jalur yang saya yakini,” ujar Dewi Sandra ketika menjadi brand ambassador yang semakin memperkuat konsep “Halal dari Awal”. Dewi merasa ada keselarasan visi dan misi antara dirinya dengan Wardah sebagai kosmetik halal.

Sejak menjadi brand ambassador Wardah di tahun 2013, Dewi Sandra kemudian banyak terlibat dalam berbagai kegiatan maupun program yang dibuat untuk semakin memperkuat brand image dari Wardah. Di antaranya serangkaian tayangan iklan Wardah, makeup catalogue, fashion show, Wardah Days, maupun promosi product placement dalam film yang dibintangi oleh Dewi Sandra itu sendiri.

Raksasa gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat, McDonald’s bekerja sama dengan boygroup kenamaan asal Korea Selatan, BTS. Kolaborasi tersebut berupa menu BTS Meal yang telah diluncurkan di Amerika Serikat pada tanggal 26 Mei 2021 lalu. Di Indonesia, BTS Meal pun telah diluncurkan pada 9 Juni 2021.

Paket makanan BTS Meal di Indonesia hanya bisa dibeli melalui layanan Drive Thru, GoFood, serta GrabFood. Dilansir dari Forbes, strategi McDonald’s melalui kolaborasi dengan BTS ini diproyeksi bakal menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah.

Sementara itu, menu BTS Meal berisi paket makanan yang ditawarkan berupa nuggets ayam, kentang goreng, dan minuman bersoda yang dikemas dengan kemasan khusus berwarna ungu. Juga disertai dua saus (dipping sauce), saus pedas manis dan saus Cajun khas Korea Selatan.

Menurut Sofie Haini, Public Relations Assistant PT P&G Indonesia, brand ambassador terlama adalah Anggun. Karier perempuan kelahiran 29 April 1974 yang diakui luas sebagai penyanyi internasional itu dianggap paling sesuai untuk mewakili produk sampo kelas internasional. Anggun juga celebrity endorser yang memiliki versi iklan paling banyak sekaligus mempunyai peran mewakili semua produk Pantene secara umum.

Adapun slogan iklan ikonik Anggun yaitu “Aku jadi duta sampo lain?” sempat menjadi pembicaraan publik bahkan kerap kali dijadikan meme di masyarakat pada saat itu.

Menariknya, chemistry yang kuat, yang dibentuk keduanya dari awal hingga kini masih melekat di benak pelanggan Indonesia. Hal itu terlihat dari Anggun yang pada tahun 2020 kembali tampil dalam sebuah video perayaan ulang tahun Pantene ke-30. Dalam video tersebut Anggun mengungkapkan jika duta sampo Pantene bukan hanya dirinya, melainkan “semua perempuan Indonesia”.  Kembalinya Anggun dalam kampanye baru Pantene #KitaDutaShampooPantene di tahun 2020 itu membuktikan dirinya masih memiliki tempat istimewa bagi brand shampoo ini.

Bagikan artikel ini