THE AWARDING

THE AWARDING

THE BACKGROUND

Brand lokal yang “juara” adalah brand yang bisa melewati triple disruption yaitu disrupsi digital, disrupsi milenial dan disrupsi pandemi. Salah satu strategi penting untuk bisa melewati triple disruptions adalah brand yang memaksimalkan peran kolaborasi.

Kolaborasi dilakukan untuk dapat menarik pasar yang lebih luas serta mengusung keunggulan yang berbeda, dll. Singkatnya, Brand perlu melakukan kolaborasi: pertama untuk mengurangi risiko. Kedua, untuk tumbuh lebih cepat.

Berangkat dari pentingnya kolaborasi untuk memperkuat nation brand, kami Indonesia Brand Forum menggelar Indonesia’s Top Brand Collab Champion Award. Program ini sebagai penghargaan dan apresiasi kepada Top Brand Collaboration yang telah dikurasi dan memenuhi syarat sebagai kolaborasi brand popular di Indonesia.

Award Criteria

Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Top Brand Collaboration yang telah dikurasi dan memenuhi syarat sebagai kolaborasi brand popular di Indonesia.

CRITERIA OF BRAND COLLAB CHAMPIONS

Clearness of common goals: Kejelasan dan kesolidan ide, visi, dan tujuan ke depan dari brand-brand yang berkolaborasi.

  1. Alignment of Positining & Brand Identity: Keterpaduan dan keselarasan positioning dan brand identity dari brand-brand yang melakukan kolaborasi.
  2. Intimacy, Trust & Sharing: Kedekatan, saling percaya, dan kemauan berbagi informasi dari brand-brand yang berkolaborasi.
  1. Value Synergy: Terciptanya sinergi sumberdaya (resources), manfaat (value proposition), dan keunggulan (capabilities/competencies) antar dua brand yang berkolaborasi sehingga menghasilkan competitive advantage yang lebih tinggi.
  2. Brand Enhancement: Terciptanya penguatan ekuitas merek (brand equity) akibat adanya kolaborasi dimana brand makin dikenal (brand awareness), memiliki citra yang lebih baik (brand association), persepsi kualitas yang makin kuat (perceived quality), loyalitas pelanggan yang makin kuat (brand loyalty), dan rekomenadasi konsumen yang labih besar (brand advocacy).
  3. New Opportunity (Business or Market): Terciptanya peluang-peluang baru dari adanya koleborasi baik berupa peluang bisnis baru (business opportunity) maupun peluang pasar baru (new market opportunity).

Lifetime Achievement Appreciation

Penganugrahan penghargaan lifetime achievement kepada para ekspertis yang telah berkarir dan berkontribusi besar di dunia periklanan dan branding selama kurang lebih 10 tahun.

Mempersilakan tokoh expertise penerima Life Achievement Appreciation untuk memberikan kata sambutan kepada audiens.

Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tokoh expertise yang berhasil
memenangkan Life Achievement Appreciation.

Memberikan motivasi kepada para leader brand untuk terus memberikan usaha dan
kontribusi terbaiknya untuk negeri.

Selengkapnya Sempitkan

Award Category

NO.
CATEGORY
DEFINITION

1

Ecosystem Collab

Kolaborasi antara dua ekosistem untuk memperkuat competitive advantages
(sinergi nilai, memperkuat positioning & brand equity, menciptakan pasar/bisnis baru).

2

Government Collab

Kolaborasi di lingkungan pemerintahan, yang secara strategis dilakukan untuk menciptakan sinergi nilai,
menaikkan citra positif di masyarakat, dan memperbaiki pelayanan publik.

3

Product Collab

Kolaborasi antarproduk untuk memperkuat competitive advantages produk
(sinergi nilai, memperkuat positioning & brand equity, menciptakan pasar/bisnis baru).

4

Marcomm Collab

Kolaborasi antar-brand dengan membentuk aktivitas marketing communication secara bersama-sama untuk
menciptakan sinergi nilai dan memperkuat brand equity.

5

Channel Collab

Kolaborasi antar-brand di sisi channel penjualan/distribusi untuk menciptakan sinergi nilai,
mendongkrak penjualan, dan menciptakan pasar/bisnis baru.

6

Sales Collab

Kolaborasi antar-brand pada aktivitas selling untuk menciptakan sinergi nilai, mendongkrak penjualan,
dan menciptakan pasar/bisnis baru.

7

Celebrity Collab

Kolaborasi antara brand dengan selebritas lewat co-branding untuk meningkatkan brand equity
(awareness, association, perceived quality, loyalty, advocacy) dan menghasilkan new-experience ke konsumen.

8

Sport Collab

Kolaborasi antara brand dengan event olahraga untuk meningkatkan brand equity (awareness, association,
perceived quality, loyalty, advocacy) dan menghasilkan new-experience ke konsumen.

9

SME Collab

Kolaborasi brand dengan pelaku usaha kecil-menengah (UKM) untuk menciptakan sinergi nilai,
memperkuat positioning & brand equity, menciptakan pasar/bisnis baru.

PANEL OF JUDGE

Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc.

Minister of Tourism
   of Indonesia (2014-2019)

President Director,
   Telkom Indonesia (2012-2014)

President Director
   of PT Intermedia Capital

Subiakto Priosoedarsono

Branding Expert with 50+ year
   of experience

Founder Hotline Advertising
   & Bisa Bikin Brand

Priyantono Rudito, Ph.D.

Director of Human Capital
   & General Affairs, Telkom
   (2012-2014)

Director of Human Capital
   Management, Telkomsel
   (2015-2017)

Executive Director of Co-branding
   Wonderful Indonesia at Ministery of
   Tourism (2018-2019)

Lecturer SBM ITB

Elga Yulwardian

CEO Ivosights

Commissioner PT CMI
   subsidiary of PT PNM VC

Yuswohady

Managing Partner, Inventure

Founding Chairman             
   Indonesia Brand Forum
  (IBF) and Indonesia Industry 
  Outlook (IIO)

Author with 60+ books
   in business marketing field

Amalia Maulana, Ph.D.

Branding Consultant,
   ETNOMARK Consulting

Associate Professor,
   BINUS University

Dr. Edhy Aruman

Senior Editor, MIX Magazine

 Lecturer, STIKOM LSPR & FISIP UI